17 Perlengkapan Kantor untuk Mudahkan Pekerjaan Kamu!

DatascripMall.ID - Apabila kamu seorang pekerja kantoran, tentu harus tahu tentang berbagai peralatan kantor dan fungsinya. Hal ini agar kamu bisa memanfaatkan peralatan tersebut seoptimal mungkin, demi mendukung dan memudahkan pekerjaan.
Nah, apa saja sih peralatan kantor yang penting dimiliki itu? Kita simak ulasannya di bawah ini ya.
1. Laptop

Laptop merupakan komputer bergerak yang memiliki ukuran relatif kecil dan ringan. Biasanya laptop disediakan oleh kantor untuk memudahkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Beragam pekerjaan bisa dilakukan dengan laptop, termasuk membuat laporan, mengedit video, presentasi, rapat online, dan lainnya.
2. Mouse

Mouse alias tetikus adalah alat atau perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat.
Saat ini, sudah tersedia mouse dengan kabel dan mouse wireless atau nirkabel.
3. Meja dan Kursi

Peralatan kantor yang paling penting adalah kursi dan meja. Meja dengan ukuran yang sesuai kebutuhan bisa menampung perangkat komputer, mouse, map, buku, dan peralatan penunjangan karyawan lainnya.
Selain itu, kursi yang pas dan empuk juga bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi karyawan.
4. Alat Tulis

Meski saat ini banyak pekerjaan bisa diselesaikan secara digital, baik melalui handphone dan laptop, alat tulis yang lengkap juga mendukung aktivitas pekerjaan di kantor.
Beberapa jenis alat tulis kantor antara lain kertas, buku catatan, pensil, karet penghapus, pulpen, dan juga sticky notes.
Baca Juga: 21 Alat Tulis Kantor Wajib Dimiliki Saat Kembali WFO!
5. Map Ordner

Map ordner, yaitu tempat penyimpanan dokumen penting. Dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map bersampul tebal, kemudian dokumen dijepit rapi.
6. Stopmap

Stopmap adalah map kertas tempat menyimpan dokumen atau file. Jadi, file dan dokumen kamu bisa lebih terorganisasi dengan baik. Sewaktu-waktu diperlukan, dokumen dapat cepat ditemukan.
7. Kalkulator

Untuk mempermudah dan mempercepat urusan hitung-menghitung di kantor, kamu memerlukan kalkulator. Alat yang satu ini sangat penting untuk bekerja, terutama bagi anda yang bekerja di bagian keuangan.
Memang saat ini aktivitas menghitung sudah bisa dilakukan melalui formula Excel di komputer. Namun, tidak ada salahnya menyediakan kalkulator sebagai cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan.
Baca Juga: 11 Rekomendasi Kursi Kantor Murah dan Terbaik Untuk Kerja
8. Pembolong Kertas

Perforator atau dikenal dengan nama pembolong kertas adalah sebuah mesin pembolong kertas yang secara khusus didesain untuk melubangi kertas.
9. LCD Proyektor

Proyektor LCD merupakan perangkat yang digunakan sebagai media presentasi karena mampu menampilkan teks, gambar, dan video yang disambungkan dengan laptop atau komputer.
2. Filling Cabinet

Filing cabinet merupakan peralatan kantor untuk menyimpan arsip data. Lemari ini dilengkapi oleh laci-laci kotak berukuran besar dan tersusun secara vertikal. Biasanya, filing cabinet dipakai untuk mengelompokkan dokumen dan barang-barang.
Biasanya filing cabinet terbuat dari material besi yang bisa dikunci sehingga sangat kuat.
11. Webcam

Di masa digital saat ini, rapat online bukan barang baru. Nah, saat itulah webcam digunakan. Jadi, saat rapat rekan rapat yang berada berjauhan bisa saling melihat wajah.
Pemasangan webcam sangat mudah, tinggal dihubungkan ke perangkat komputer dan laptop.
12. Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan portable yang menggunakan port USB untuk menghubungkannya dengan perangkat komputer.
Perangkat penyimpanan ini cukup kecil karena di dalamnya hanya menggunakan chip sebagai komponen penyimpanan.
Flashdisk sangat simpel dibawa sehingga masih banyak menggunakannya sekarang.
Baca Juga: 11 Flashdisk OTG Terbaik untuk iPhone dan Android 2023
13. Paper Shredder

Mesin penghancur kertas atau disebut paper shredder adalah salah satu alat kantor yang berfungsi untuk menghancurkan dan memusnahkan dokumen kertas yang telah tercetak.
Biasanya, dokumen yang dihancurkan adalah yang bersifat penting dan rahasia.
14. Scanner

Scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai data, dan menyimpan hasilnya berupa digital. Dengan kata lain scanner mentransfer dokumen bentuk fisik ke dalam bentuk softcopy di dalam perangkat komputer.
15. Printer dan Mesin Fotokopi

Printer diperlukan untuk mencetak dokumen penting atau bahan meeting. Kecepatan dalam mencetak dokumen juga bisa membantu kelancaran pekerjaan kantor.
Selain itu, beberapa mesin fotokopi saat ini sudah memiliki fungsi fotokopi. Hal ini tentu semakin memudahkan pekerjaan di kantor.
16. Mesin Absen

Kantor yang masih menggunakan sistem pencatatan kehadiran karyawan dengan mesin absensi, sudah pasti membutuhkan mesin absensi.
Dengan adanya mesin absensi, HRD bisa lebih mudah dalam merekap data kehadiran karyawan.
17. Stempel

Perlengkapan kantor berupa stempel sangat penting karena berkaitan dengan pengesahan surat dan dokumen.
Itu dia 17 rekomendasi perlengkapan kantor yang bakal memudahkan pekerjaan kamu di kantor.
Kalau kamu ingin mendapatkan lainnya, jangan lupa cek perlengkapan kantor di sini!
Kamu juga bisa membeli barang-barang elektronik beserta aksesorisnya di DatascripMall.ID. Banyak pilihan!